Kamis, 21 April 2016

RETAIL BANKING DAN 4 FUNGSI BISNIS PADA PERUSAHAAN JASA (RESUME KULIAH TAMU KE-2 BP 4)

Diposting oleh Unknown di 4/21/2016
Dalam kegiatan pembelajaran kuliah Business Practice 4 minggu ke-4 kali ini STIMIK-STIE ASIA kembali mengundang pembicara handal untuk berbagi ilmu dengan mahasiswa, pembicara kali ini adalah Mutia Amanatillah Tasya.




Banyak yang kita pelajari dari beliau salah satunya beliau menjelaskan bahwa dalam bekerja otak kanan dan otak kiri harus digunakan semua atau diseimbangkan, seperti pekerjaan dibidang perbankan otak kiri digunakan untuk mengerjakan hal hal yang berhubungan dengan administrasi sementara otak kanan digunakan untuk mencari ide untuk menarik perhatian nasabah untuk mengenalkan produk kita, mempertahankan nasabah. 

Perbankan adalah bisnis yang berdasarkan kepercayaan (Trust), jadi
·         nasabah menaruh kepercayaan pada bank untuk menyimpan uang, bank menaruh kepercayaan pada nasabah dengan memberikan pinjaman.


Beliau juga sempat menjelaskan mengenai menarinya bekerja dibank :
·          1.Life time relationship, seluruh bagian dari siklus hidup manusia dpt dilayani oleh bisnis Consumer Banking
·         2. Sistem kompleks paling aman (BI, OJK, LPS, Asuransi) Banyak peraturan yang bisa menjaga kemanan
·         3. Gaji dan kesejahteraan terjamin(gaya hidup normal) : semuanya dapat,ada akomodasi, ada bonus tahunan, ada bantuan pendidikan, ada cuti dibayar,  dll
·         4. Berbagai program yang menghasilkan insentif : kalau bisa menjual produk baru di bank bisa dapat reward.
·         5. Jenjang karir yang sangat terbuka : marketing di bank punya peluang naik jabatan lebih besar.
·         6. Care terhadap penampilan, komunikatif dan percaya diri
Proses rekrutmen Pegawai di Bank :
·         1. Job Fair / Intern
·         2. Tahap I /: Psikotes Internal
·         3. Tahap II : Tes Tulis
·         4. Tahap III : Interview I
·         5. Tahap IV : Interview II --> terntang marketing, jika ada pertanyaan mengenai cara memasarkan produk beliau menyarankan kita untuk menjawab seperti ini : membuat jaringan dengan cara awalnya menawarkan ke orang orang terdekat seperti teman, keluarga, pacar kemudian meminta referensi pada mereka. Yang kedua Pemetaan dari sekitar outlet untuk ditawari, mulai menawarkan dengan menjelaskan produk, follow up, membina dan mempertahankan kepercayaan nasabah.
·         6. Tahap V : Psikotes Eksternal
·         7. Tahap VI : Interview III dilakukan dengan HRD
·         8. Tahap VII : Tes Kesehatan


 MACAM DIREKTORAT DALAM BANK :



 1. Direktorat Pengembangan Bisnis dan TI
     - Penyusunan IT Strategic Plan baik untuk jangka pendeng, menengah, panjang
     - Modernisasi Core Banking System (CBS)
 2. Direktorat Retail
     - Meningkatkan jumlah customer dan volume yang berkualitas
     - Fokus dan pendalaman pada segmentasi bisnis pilihan
     - Meningkatkan kualitas kredit
     - Implementasi bisnis
 3. Direktoran Komersial 
     - Bertanggung jawab untuk DPK dan KYD
 4. Direktorat MRK dan PSDM

Struktur Organisasi di Cabang


1. Bisnis / Marketing :
·              - Pimpinan Cabang
·               - Manager bisnis
·                - Pimpinan cabang pembantu
·                - Team Leader
·                - AO UKMK, AO Konsumer, MBO, RBO, PBO
·                - BPK Marketing Kerja sama
·                - SA Konsumer
     - CRC
2. Operasipnal
     - Manajer pelayanan dan Operasional
     - Koordinator pelayanan
3. Lain Lain :
·                - SDM/HRD
·                - SAC (Satuan audit cabang)
·                - RCC (Regional Credit Card)
·                 - BC (Bancassurance Consultant)


Produk Funding :
- Tabungan : TabunganKu, Bisnis, Premium, Haji, dll
-  Giro : Giro Rupiah, Valas
- Deposito : Deposito Rupiah, Dollar, On Call, dll

Produk Lending :
- Konsumer : KPR, KPM, KSG, Kartu Kredit
-  UKMK : Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi

Berikut ini adalah beberapa foto selama kegiatan berlangsung :







0 komentar:

Posting Komentar

 

Loei Veve Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea