Visit Company
“Pabrik Teh Wonosari”
PT. Perkebunan Nusantara XII
Oleh Mahasiswa Asia Malang
Pada kesempatan Semester 4, mata kuliah Business
Practice kali ini kami mahasiswa Asia Malang menjalankan materi Visit Company ,
yaitu masing-masing kelas dibagi dengan beberapa kelompok dan mengunjungi
beberapa jenis pabrik yaitu antara lain jenis Retail, Manufaktur, dan Persero.
Untuk kali ini kelompok kami yaitu kelompok yang
terdiri atas Rossa Vanesya, Sartika, Tyas, Nova dan Vero kelas pak Agus
,mengambil materi perusahaan manufaktur, pabrik yang kami kunjungi adalah
pabrik teh wonosari. Kami di bimbing oleh Ibu Wiwik untuk mengetahui bagaimana pabrik teh
wonosari tersebut,tapi sangat disayangkan kami hanya diberi waktu 15 menit karena
waktu yang diambil adalah waktu istirahat, namun sedikit banyak penjelasan dan
info dari Ibu Wiwik cukup membuat kami faham dan bagaimana pabrik manufaktur
tersebut .
Foto Kelompok kami bersama ibu wiwik ditempat pengeringan teh |
1. Profit Perusahaan
PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII adalah pabrik PT yang
dikelolah negara dibawah naungan BUMN, pabrik ini sudah berdiri selama 106
tahun. Pabrik ini didirikan oleh kolonial belanda bernama NV Caltur Mascapy ,
pada tahun 1942-1945 perusahaan ini dipegang oleh jepang , dan pada tahun 1945
sampai sekarang perusahaan ini dipegang oleh PTPN XII BUMN. Kegiatan perusahaan
ini adalah mengolah daun teh hingga menjadi teh pilihan yang diekport ke luar
negeri .
Visi dan misi dari perusahaan tersebut adalah :
Visi : "Menjadi
Perusahaan Agribisnis yang berdaya saing tinggi dan mampu tumbuh-kembang
berkelanjutan"
Misi : 1. Melaksanakan reformasi bisnis, strategi, struktur, dan budaya perusahaan untuk mewujudkan profesionalisme berdasarkan prinsip-prinsip good corporate governance.
2. Meningkatkan nilai dan daya saing perusahaan (competitive advantage) melalui inovasi serta peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam penyediaan produk berkualitas dengan harga kompetitif dan pelayanan bermutu tinggi.
3. Menghasilkan laba yang dapat membawa perusahaan tumbuh dan berkembang untuk meningkatkan nilai bagi shareholders dan stakeholders lainnya.
4. Mengembangkan usaha agribisnis dengan tata kelola yang baik serta peduli pada kelestarian alam dan tanggung jawab sosial pada lingkungan usaha (community development).
2. Meningkatkan nilai dan daya saing perusahaan (competitive advantage) melalui inovasi serta peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam penyediaan produk berkualitas dengan harga kompetitif dan pelayanan bermutu tinggi.
3. Menghasilkan laba yang dapat membawa perusahaan tumbuh dan berkembang untuk meningkatkan nilai bagi shareholders dan stakeholders lainnya.
4. Mengembangkan usaha agribisnis dengan tata kelola yang baik serta peduli pada kelestarian alam dan tanggung jawab sosial pada lingkungan usaha (community development).
3. PELAKSANAAN KEGIATAN
Jumlah total Karyawan
adalah dibagian kebun ada 600 orang karyawan, dan dalam pabrik ada kurang
lebih
70 pegawai. Diperusahaan ini ada 5 departmen yaitu TU, Kebun , Pabrik, Agro dan Pengemasan , Struktur Organisasi dari PT ini adalah sbb :
Perusahaan ini masuk kategori perusahaan manufaktur
yang besar karena produk mereka terkenal di 16 negara di asia , eropa , dan
amerika.
0 komentar:
Posting Komentar