Selasa, 12 April 2016

AKTIVITAS UTAMA DAN FUNGSI BISNIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR, RETAIL, DAN SERVICE

Diposting oleh Unknown di 4/12/2016



 

Dalam kegiatan pembelajaran Business Practice 4 ini STIE-STIMIK ASIA MALANG mengundang bapak Dr. David Sukardi Kodrat, M.M., CPM sebagai pembicara dalam kuliah tamu. Pada kuliah tamu ini beliau mengusung tema seminar “ AKTIVITAS UTAMA DAN 4 FUNGSI BISNIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR, RETAIL, DAN SERVICE
Dari materi yang beliau jelaskan saya bisa memahami beberapa hal sebagai berikut :
1. PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Disini kita belajar bagaimana perbedaan cara Jepang dan Amerika dalam menjalankan proses produksinya. Dalam produksi Jepang lebih memperhatikan proses dari pembuatannya sementara Amerika lebih mementingkan hasil produksinya. Dalam model manajemen kualitasnya Jepang dan Amerika juga berbeda, gaya Amerika menggunakan sistem pembuat sekaligus mengawasi proses produksinya, jadi operator produksi dilatih untuk bisa menjadi inspektur bagi dirinya sendiri dalam proses produksi. Sementara Jepang menggunakan cara pusat kendali jadi dalam setiap proses produksi ada inspektur atau pusat kendalinya sendiri, disini inspektur bertugas mengecek apakah proses produksinya sudah berjalan dengan baik atau belum. Jepang selalu memperbarui proses produksinya untuk mendapatkan cara yang terbaik. Jepang memiliki ciri khusus dalam melaksanakan proses produksinya yaitu setiap proses memiliki standart kerja yang di pasang secara jelas dimesin mulai dari penjelasan sampai foto dari cara kerjanya di setiap mesin. Proses produksi mereka menggunakan pola U agar mudah berkomunikasi kemudian mereka memasang sirine disetiap proses jika ada masalah maka sirine akan berbunyi dan secara otomatis proses produksi akan berhenti. Selain itu kita juga dijelaskan mengenai Pull System dan Push System :
Pull System :
Ø Tidak ada stock barang digudang
Ø  Produksi dilakukan sesuai dengan kebutuhan konsumen saja.
Push System :
Ø  Selalu ada stock di gudang
Ø  Produksi dilakukan terus menerus.
 
Foto saat beliau sedang menjelaskan materi
 
 
2. PERUSAHAAN RETAIL
            Disini kita dijelaskan mengenai cara kerja dari PT. Arta Boga Cemerlang dalam mendistribusikan barangnya. Sebenarnya perusahaan ini adalah perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan barangnya sendiri. PT. Arta Boga Cemerlang ini memiliki 3 Divisi dalam perusahaannya yaitu Produk makanan, Produk minuman, dan produk kosmetik. Mereka mendistribusikan produk mereka kepasar tradisional maupun modern.
Walaupun sebenarnya akan lebih efektif dan efisien jika kita menggunakan persusahaan distributor lain untuk mendistribusikan barang kita. Karena jika menggunakan perusahaan distributor toko toko yang menjadi sasaran penjualan tidak akan bosan karena mendapat barang barang yang sama dari perusahaan yang sama. Tapi juga tetap ada sisi negatif dari mendistribusikan barang melalui distributor karena terkadang perusahaan tidak mendistribusikan barang kita dengan baik karena dianggap tidak sesuai dengan pasar sementara kita terus berpikir mengapa produk kita tidak laku. Kunci untuk memenangkan pasar itu adalah menanamkan produk kita dalam otak konsumen baru kita memasarkannya. Jika belum menanamkan produk kita dalam otak konsumen jangan harap kita bisa memenangkan pasar. Menanamkan produk pada otak konsumen bisa dilakukan melalui iklan iklan yang memiliki slogan yang bisa menarik perhatian konsumen.
 
3. PERUSAHAAN JASA
            Mengenai bisnis jasa ini kita belajar dari salon Joni Andreas. Kunci kesuksesan dari Joni Andreas adalah passion dalam bidangnya. Sejak Remaja Joni Andreas sudah bekerja dilapangan kemudian belajar ke London mengenai Tata rias rambut. Joni Andreas ini terkenal dengan ketrampilan dan keramahannya dalam dunia Tata rias rambut.
            Ketika  Joni membuka salon Joni Andreas di Indonesia, selang waktu 2 tahun Joni Andreas dapat membuka 200 salon seluruh Indonesia karena keterampilannya. Untuk mendukung tenaga kerjanya Joni Andreas membuka sekolah Joni Andreas, kemudian Joni Andreas mengembangkan bisnisnya lagi dengan membuka bisnis pakaian pernikahan. Setiap membuka bisnis baru Joni Andreas selalu turun tangan sendiri untuk melayani pelanggannya. Joni Andreas selalu ramah pada para pelanggannya dan keramahannya inilah yang membuat bisnisnya selalu sukses.
 

Nama : Veronika Victoria
NIM : 14102003

0 komentar:

Posting Komentar

 

Loei Veve Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea