Dalam kegiatan pembelajaran
Business Practice 4 ini STIE-STIMIK ASIA MALANG mengundang bapak Dr.
David Sukardi Kodrat, M.M., CPM sebagai
pembicara dalam kuliah tamu. Pada kuliah tamu ini beliau mengusung
tema seminar “ AKTIVITAS UTAMA DAN 4 FUNGSI BISNIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR,
RETAIL, DAN SERVICE”
Dari materi yang beliau jelaskan saya
bisa memahami beberapa hal sebagai berikut :
1. PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Disini kita belajar
bagaimana perbedaan cara Jepang dan Amerika dalam menjalankan proses
produksinya. Dalam produksi Jepang lebih memperhatikan proses dari pembuatannya
sementara Amerika lebih mementingkan hasil produksinya. Dalam model manajemen
kualitasnya Jepang dan Amerika juga berbeda, gaya Amerika menggunakan sistem
pembuat sekaligus mengawasi proses produksinya, jadi operator produksi dilatih
untuk bisa menjadi inspektur bagi dirinya sendiri dalam proses produksi.
Sementara Jepang menggunakan cara pusat kendali jadi dalam setiap proses
produksi ada inspektur atau pusat kendalinya sendiri, disini inspektur bertugas
mengecek apakah proses produksinya sudah berjalan dengan baik atau belum.
Jepang selalu memperbarui proses produksinya untuk mendapatkan cara yang
terbaik. Jepang memiliki ciri khusus dalam melaksanakan proses produksinya
yaitu setiap proses memiliki standart
kerja yang di pasang secara
jelas dimesin mulai dari penjelasan sampai foto dari cara kerjanya di setiap mesin. Proses produksi mereka menggunakan pola U agar mudah berkomunikasi
kemudian mereka memasang sirine disetiap proses jika ada masalah maka sirine akan berbunyi dan secara otomatis proses produksi akan
berhenti. Selain itu kita juga dijelaskan mengenai Pull System dan Push System
:
Pull System
:
Ø Tidak ada stock barang digudang
Ø Produksi dilakukan sesuai dengan kebutuhan konsumen
saja.
Push System
:
Ø Selalu ada stock di gudang
Ø Produksi dilakukan terus menerus.
Foto saat beliau sedang menjelaskan materi |
2.
PERUSAHAAN RETAIL
Disini kita dijelaskan mengenai cara
kerja dari PT. Arta Boga Cemerlang dalam mendistribusikan barangnya. Sebenarnya
perusahaan ini adalah perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan
barangnya sendiri. PT. Arta Boga Cemerlang ini memiliki 3 Divisi dalam
perusahaannya yaitu Produk makanan, Produk minuman, dan produk kosmetik. Mereka
mendistribusikan produk mereka kepasar tradisional maupun modern.
Walaupun sebenarnya akan lebih efektif dan efisien jika kita menggunakan
persusahaan distributor lain untuk mendistribusikan barang kita. Karena jika
menggunakan perusahaan distributor toko toko yang menjadi sasaran penjualan
tidak akan bosan karena mendapat barang barang yang sama dari perusahaan yang
sama. Tapi juga tetap ada sisi negatif dari mendistribusikan barang melalui
distributor karena terkadang perusahaan tidak mendistribusikan barang kita
dengan baik karena dianggap tidak sesuai dengan pasar sementara kita terus
berpikir mengapa produk kita tidak laku. Kunci untuk memenangkan pasar itu
adalah menanamkan produk kita dalam otak konsumen baru kita memasarkannya. Jika
belum menanamkan produk kita dalam otak konsumen jangan harap kita bisa
memenangkan pasar. Menanamkan produk pada otak konsumen bisa dilakukan melalui
iklan iklan yang memiliki slogan yang bisa menarik perhatian konsumen.
3. PERUSAHAAN
JASA
Mengenai bisnis jasa ini kita belajar
dari salon Joni Andreas. Kunci kesuksesan dari Joni Andreas adalah passion
dalam bidangnya. Sejak Remaja Joni Andreas sudah bekerja dilapangan kemudian
belajar ke London mengenai Tata rias rambut. Joni Andreas ini terkenal dengan
ketrampilan dan keramahannya dalam dunia Tata rias rambut.
Ketika Joni membuka salon Joni Andreas di Indonesia,
selang waktu 2 tahun Joni Andreas dapat membuka 200 salon seluruh Indonesia
karena keterampilannya. Untuk mendukung tenaga kerjanya Joni Andreas membuka
sekolah Joni Andreas, kemudian Joni Andreas mengembangkan bisnisnya lagi dengan
membuka bisnis pakaian pernikahan. Setiap membuka bisnis baru Joni Andreas
selalu turun tangan sendiri untuk melayani pelanggannya. Joni
Andreas selalu ramah pada para pelanggannya dan keramahannya inilah yang
membuat bisnisnya selalu sukses.
Nama : Veronika Victoria
NIM : 14102003
0 komentar:
Posting Komentar